Selasa, 25 November 2014

Tujuh Peranan Dalam Pembuatan Sebuah Project

1.      Project Manager


Project manager adalah orang yang ditunjuk untuk menggerakkan organisasi proyek dan memimpinnya dalam mencapai objective proyek. Project Manager adalah posisi puncak yang luar biasa dalam proyek. Di pikiran dan penanya, tertumpu beban tanggung jawab yang besar atas kesuksesan proyek. Pada proyek besar dan sangat kompleks, project manager bahkan harus memiliki kesempurnaan kompetensi.

Tanggung jawab project manager adalah untuk memenuhi kebutuhan yang berupa kebutuhan tugas, kebutuhan team, dan kebutuhan individual. Project manager menjadi penghubung antara strategi dan tim. Peran project manager dalam perkembangan bisnis dan keberlangsungan hidup perusahaan menjadi semakin lebih strategis.

Tidaklah cukup jika hanya aplikasi knowledge, tools and techniques yang telah dikenal sebagai good practice pada pengelolaan proyek yang efektif. Menurut PMBOK, diperlukan keahlian khusus dan keahlian manajemen secara umum untuk proyek pada semua area / bidang, manajemen proyek yang efektif mensyaratkan project manager memiliki kompetensi-kompetensi:
·       Knowledge – Terkait pengetahuan project manager akan project management
·  Performance – Terkait dengan apa yang project manager mampu untuk aplikasi pengetahuan project management yang dimiliki.
·  Personal - Terkait dengan bagaimana perilaku project manager dalam melaksanakan proyek atau aktifitas terkait. Efektifitas personal mencakup attitude, karakter inti personal, dan kepemimpinan, yang menyediakan kemampuan untuk membimbing team proyek ketika mencapai objective proyek dan menyeimbangkan project constraints.


2.       Sistem Analis


Sistem analis adalah orang yang bertugas untuk menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasikan pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek bisnis dan teknologi komputer).

Tugas dan tanggung jawab:
·    Tanggungjawab analis sistem tidak hanya pada pembuatan program komputer saja, tetapi pada sistem secara keseluruhan.
·    Pengetahuan analis sistem harus luas, tidak hanya pada teknologi komputer, tetapi juga pada bidang aplikasi yang ditanganinya.
·    Pekerjaan analis sistem dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar.
·   Pekerjaan analis sistem melibatkan hubungan banyak orang, tidak terbatas pada sesama analis sistem,programer tetapi juga pemakai sistem dan manajer.


3.      Programmer


Programmer adalah orang yang bertugas untuk menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan yang dibuat oleh system analis(lebih memahami teknologi komputer).

Tugas dan tanggung jawab:
·      Tanggungjawab pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer.
·  Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang diperlukan.
·  Pekerjaan programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program.
· Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.


4.      Database Administrator (DBA)


Seorang administrator database (DBA) adalah profesional TI yang bertanggung jawab untuk instalasi, konfigurasi, upgrade, administrasi, pengawasan, pemeliharaan, dan keamanan database dalam sebuah organisasi.

Tanggung jawab Seorang administrator database dapat mencakup tugas-tugas berikut:
·      Instalasi dan upgrade server database dan aplikasi alat
· Mengalokasikan sistem penyimpanan dan merencanakan kebutuhan penyimpanan masa depan untuk sistem database
·  Memodifikasi struktur database, yang diperlukan, dari informasi yang diberikan oleh pengembang aplikasi
·      Mendaftarkan pengguna dan memelihara sistem keamanan
·      Memastikan kepatuhan terhadap perjanjian lisensi database vendor
·      Pengendalian dan pemantauan akses pengguna ke database
·      Pemantauan dan mengoptimalkan kinerja database
·      Perencanaan untuk backup dan pemulihan database informasi
·      Mempertahankan data arsip
·      Membuat cadangan dan mengembalikan database
·      Menghubungi database vendor untuk dukungan teknis
·      Menghasilkan berbagai laporan dengan query dari database sesuai kebutuhan


5.     Designer


Perancang web atau desainer web (web designer) adalah orang yang memiliki keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, menggunakan Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi internet, Microblogging, RSS, dan sebagainya.

Tugas Seorang Web Designer:
·  Membuat gambar-gambar yang akan disisipkan kedalam website dengan menggunakan Photoshop dan sebagainya.
·      Menata Layout untuk pemasangan Banner, Link, Animasi & sebagainya.
·    Mengatur Konten Website sesuai dengan kategori & diintegrasikan dengan link navigasi.
·     Membangun Website mulai dari halaman depan sampai akhir sesuai dengan struktur web yang dipilih.
·   Melakukan uji coba setiap halaman dan memeriksa kesalahan penulisan HTML, CSS, & sebagainya


6.     Fungsional


Fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan fungsional pada hakekatnya adalah jabatan teknis yang tidak tercantum dalam struktur organisasi, namun sangat diperlukan dalam tugas-tugas pokok dalam suatu organisasi.

Fungsional mempunyai tugas:
·       Menyusun rencana dan program kegiatan sesuai bidangnya;
·       Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data sesuai bidangnya;
·    Melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai bidangnya dalam rangka memperoleh angka kredit sesuai peraturan dan pedoman yang berlaku;
·    Memberikan saran-saran atau pertimbangan kepada atasan mengenai langkah-langkah yang diambil sesuai bidangnya;
·       Menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan.


7.    Engineer


Engineer/insinyur adalah seseorang yang bekerja di bidang engineering dan mampu menggunakan ilmunya untuk menghasilkan suatu benda yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Seorang engineer/insinyur juga membantu memecahkan permasalahan dibidang teknologi yang ada.

Insinyur yang bekerja di pabrik, memiliki peran mengawasi proses produksi, menentukan penyebab kerusakan alat, dan menguji produk untuk menjaga kualitas. Seorang insinyur juga dapat bekerja di kantor, pertambangan, laboratorium, dan hampir di semua tempat yang memerlukan teknologi.

Para engineer/insinyur melakukan berbagai percobaan dan mengujinya untuk menemukan sebuah penemuan baru yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. Dalam pekerjaannya, insinyur banyak menggunakan komputer. Komputer digunakan untuk merancang dan mendesain sebuah alat, menguji kerja mesin, atau membuat sistem yang rumit.

0 komentar:

Posting Komentar