Senin, 04 April 2016

Evolusi Komputer


Teknologi dari masa ke masa semakin pesat perkembangannya. Banyak manusia yang berlomba-lomba untuk menciptakan beraneka ragam teknologi yang baru. Begitu juga perkembangan teknologi pada evolusi sebuah komputer. Berikut ini merupakan perkembangan pada Evolusi Komputer.


KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1940 - 1950)


Komputer generasi pertama awal tercinptanya komputer ini adalah akibat adanya perang dunia ke dua. berawal dari ilmuwan yang berasal dari jerman bernama Konrad Zuse, menciptakan sebuah komputer yang diberi nama dengan "K3" yang didesain khusus untuk membuat pesawat dan peluru kendali yang ada pada pesawat tersebut. dan tidak lama kemudian ilmuwan yang berasal dari inggris yang bertujuan untuk memecahkan kode-kode sandi dari tentara jerman sehingga membuat sekutu menjadi menang akan jerman, komputer generasi ini desebut dengan Colossus.
Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. ENIAC atau Electronic Numerical Integrator And Computer sudah berbentuk digital akan tetapi belom menggunakan bentuk kode biner sebegai prosesnya.


KOMPUTER GENERASI KEDUA (1955-1960)
Komputer Generasi Kedua mencul pada tahun 1960-an , kemudian mulailah muncul komputer yang dapat digunakan untuk bisnis, pemerintahan maupuin di universitas, komputer ini memiliki komponen yang dapat disamakan dengan komputer pada saat ini : seperti printer, memory, sistem operasi, penyimpanan dalam disket, dan program. komputer ini juga merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Salah satu contoh komputernya adalah 1401 yang hampir digunakan di seluruh bisnis-bisnis di tahun 1965 dan digunakan untuk mengolah informasi keuangan.
Bahasa pemrograman dan program yang ada dalam komputer ini memberikan kemudahan dan juga meningkatkan kinerja bagi para pengguna bisnis dengan harga yang seimbang. Dengan konsep ini komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk selain itu bisa menghitung daftar gaji. sehingga pada saat itu munculah bahasa - bahasa pemrograman yang kita ketahui sekarang, seperti COBOL dan juga FORTRAN.


KOMPUTER GENERASI KETIGA (1965 - 1971)
Komputer pada generasi ini sudah banyak terjadi peningkatan sangat pesat, diantaranya adalah kapasitas penyimpanan yang lebih besar, program serbaguna yang mengerjakan tugas-tugas secara otomatis yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia. dan pada generasi ini sudah mulai menggunakan Integrated Circuit (IC) yang membuat ukuran komputer semakin mengecil sehingga sudah nyaman dan bersahabat sekali untuk digunakan.
Spesifikasi komputer generasi ini juga semakin lebih baik dari generasi sebulumnya. semua itu ditandai dengan adanya penggunaan IC, lalu juga sudah mempunya I/O lebih fleksibel dan ukuran komputer yang semakin mengecil hingga membuat semakin pengguna nyaman dalam menggunakannya dan juga mempunyai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lebih luas.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1971-1980)

Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.


KOMPUTER GENERASI KELIMA (1980-SEKARANG)


Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuha komputer personal(PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Prosesor yang digunakan adalah 8088/8086 yang menjadi standar komputer saat ini, menggunakan basis proses 16 bit persatuan waktu. dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software di dalamnya. hingga saat ini microsoft mendominasi kebutuhan software di dunia PC.
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik, Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. sifat luar biasa ini disebut sebagai "Artificial Intelligence", selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.

1 komentar: