Minggu, 05 Januari 2014

New Media: CINEMA


Pengertian Sinema
Sinema (akar kata dari cinema = kinematik = gerak). Film sebenarnya merupakan lapisan-lapisan cairan selulosa, biasa di kenal di dunia para sineasseluloid. Pengertian secara harafiah film (sinema) adalah Cinemathographie yang berasal dari Cinema + tho = phytos (cahaya) + graphie = grhap (tulisan = gambar = citra), jadi pengertiannya adalah melukis gerak dengan cahaya. Agar kita dapat melukis gerak dengan cahaya, kita harus menggunakan alat khusus, yang biasa kita sebut dengan kamera.

Sinema itu sendiri mempunyai arti yang sangat mendalam, bagaimana dengan Digital sinema? Sinema digital merujuk pada penggunaan teknologi digital untuk mendistribusikan dan menayangkan gambar bergerak. Sebuah film dapat didistribusikan lewat perangkat keraspiringan optik atau satelit serta ditayangkan menggunakanproyektor digital alih-alih proyektor filmkonvensional. Sinema digital berbeda dari HDTVatau televisi high definition. Sinema digital tidak bergantung pada penggunaan televisi atau standar HDTV, aspek rasio atau peringkat bingkai.Proyektor digital yang memiliki resolusi 2K mulai disebarkan pada tahun 2005, dan sejak tahun 2006 jangkauannya telah diakselerasi.

Sinema digital dapat dibuat dengan media video yang untuk penayangannya dilakukan transfer dari format 35 milimeter (mm) ke format high definition (HD). Proses transfer ke format HD melalui proses cetak yang disebut dengan prosesblow up. Setelah menjadi format HD, penayangan film dilakukan dari satu tempat saja, dan dioperasikan ke bioskop lain dengan menggunakansatelit, sehingga tidak perlu dilakukan salinan film. Contohnya, dari satu bioskop di Jakartafilm dapat dioperasikan atau diputar ke bioskop-bioskop didaerah melalui satelit.


Sejarah Film
Awalnya ilmuwan menemukan fakta bahwa manusia sangat tertarik pada sesuatu yang bergerak, namun tidak dapat jelas melihat jika pergerakan itu lebih dari 16 gerakan per detik. Berdasarkan penemuan ini dibuatlah sebuah mainan bergerak semacam diorama yang memproyeksikan bayangan sebuah gambar. Lalu berkembanglah alat-alat lain yang menjadi prinsip dasar sebuah bioskop kelak. Antara lain:
- Pada 1832 Fisikawan Belgia Joseph Plateau dan profesor geometri Austria Simon Stampfermenemukan Phenakistoscope. Lalu setelah itu ditemukan juga Zoetrope pada 1833. Prinsip yang sama dari kedua mainan ini yang nantinya digunakan pada film.

- Satu hal yang sangat penting bagi penemuan bioskop adalah kemampuan fotografi yang bisa mencetak gambar pada bidang datar. Foto tersebut dicetak pada lempeng kaca oleh Claude Niépce di tahun1826. Lalu diproyeksikan per lempeng untuk setiap gerakan. Proses ini memakan waktu beberapa menit setiap frame-nya.

- Henry Fox Talbot memperkenalkan negatif terbuat dari kertas.
- Selanjutnya George Eastman di tahun 1888,menemukan stil kamera yang mampu menghasilkan foto diatas rol kertas halus dan sensitif/sensitized. Kamera ini dinamai Kodak, fotografi sederhana hingga orang awam pun mampu menggunakan kamera ini.

- Tahun berikutnya Eastman menemukan rol film seluloid yang transparan untuk stil kamera.
- Pada tahap akhirnya dikembangkan pula mesin proyeksi intermiten yang mengkoordinasikan pergerakan rol selulosa dan mengatur cahaya.
- Pada tahun 1890-an berdasarkan kondisi teknis bioskop resmi ada.
- Pada 1891 Thomas Edison dan seorang asisten W. K. L. Dickson menemukan alat yang baik untuk menampilkan rol selulosa dengan menggabungkan Kinetograf dan Kinetoscope. Dickson memotong rol Eastman selebar 1 inchi (35 millimeters). Dickson pun melubangi rol disetiap kanan kiri, 4 lubang pada setiap framenya. Lubang ini dapat ditarik gigi pemutar pada kinestoscope.
- Lalu, Edison mengembangkan Phonograf buatannya untuk dapat mendengarkan rekaman suara berbarengan dengan putaran rol selulosa. Mendengarkan phonograf ini menggunakan alat bantu earphone.


Sejarah Cinema Digital
Baru-baru ini (akhir 2005) minat pada proyeksi 3D stereo digital telah menyebabkan kemauan baru pada bagian teater untuk bekerja sama dalam jumlah terbatas menginstal 2K instalasi untuk menunjukkan Disney’s “Chicken Little” dalam 3D. Tujuh lebih film 3D digital yang dijadwalkan untuk tahun 2006 atau 2007 rilis. Ini kemungkinan akan meningkatkan jumlah 2K instalasi ke beberapa ratus pada akhir tahun 2006. Biaya format target yang direncanakan,, 4K jauh lebih besar, dan kemungkinan akan tetap ditunda sampai hasil yang lebih untuk 3D dievaluasi. Aplikasi digital lain seperti olahraga hidup adalah insentif tambahan. HD TV dan pra-rekaman HD Blu-ray disk, akan memberikan tekanan yang lebih besar terhadap teater untuk menawarkan sesuatu yang lebih baik untuk bersaing dengan pengalaman rumah HD ditingkatkan. 2K tidak benar-benar memperbaiki film yang ada sidik jari, kecuali dalam goresan menghilangkan, dimana 4K kemungkinan akan terlihat lebih baik dari film 35mm. 3D, jika terbukti menjadi faktor, akan terlihat jauh lebih baik dalam format 4K lebih besar.
§  Persyaratan dalam kompresi data untuk Digital Cinema mencakup kisaran dinamis tinggi, ruang warna yang berbeda, resolusi gambar tertinggi, kualitas kompresi terbaik termasuk kompresi lossless, dan sebagainya.

Dengan Motion JPEG2000 parameter berikut di Digital Cinema yang mungkin, namun tidak terbatas pada:
* Keputusan 8192×8192 Piksel (misalnya 4096×3112 untuk 35mm Film Scans)
* Colorspace: sRGB, sRGB-YCC
* Jumlah komponen warna: 3-4 (misalnya RGBA)
* Bitdepth: 10-16 Bit / komponen warna
* Pixel Sampling: 4:02:02-04:04:04
* Kompresi tipe: lossless matematis, visual lossless, lossy
persyaratan lain untuk Digital Cinema adalah penggunaan urutan dengan file single frame, sinkronisasi dengan deskripsi audio atau metadata metadata set diperpanjang.Persyaratan ini semua bisa dipenuhi. Dengan Motion JPEG2000 standar kompresi yang kuat siap digunakan untuk memecahkan persyaratan dalam Digital Cinema pada saat akuisisi, pascaproduksi, pengarsipan dan mungkin distribusi.
Selama akuisisi headroom besar dalam parameter seperti bitdepth, resolusi, colorspace dapat digunakan. Penyisipan metadata dalam deskripsi MPEG konforman memungkinkan fleksibilitas maksimal dalam jenis metadata. Jadi metadata kentungan digital film dapat dilakukan bersama dengan data video. Selama pascaproduksi akses mudah ke frame tunggal adalah mungkin. Juga preview tanpa decoding dari semua file dapat dilakukan. kompresi ini dapat diatur untuk lossless untuk menghindari kerugian generasi. Fitur ini juga dapat digunakan dalam pengarsipan data film.

REFERENSI:

2 komentar:

  1. Terima kasih atas karya tulis yang anda buat, karena dapat membantu saya dalam menyelesaikan tugas softskill

    BalasHapus
  2. anda juga dapat mengunjungi blog saya. Terima Kasih.
    http://stely-novenus.blogspot.co.id/

    BalasHapus