Minggu, 05 Januari 2014

Media Baru Dalam Kehidupan Sehari-hari

Zaman yang semakin modern merupakan era dimana teknologi informatika sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah mulai mencoba menggunkan teknologi ini. Perkembangannya tidak mampu dikendalikan lagi semua orang berusaha untuk memperbaruhinya agar dapat mempermudah pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari. Pada pembahasan kali ini akan mengupas mengenai media-media baru atau yang disebut dengan new media. 
Migrasi teknologi komputer dari industri dan penelitian laboratorium untuk rumah selama tiga puluh tahun terakhir ini telah meningkatkan proses ini. Itu budaya populer dari media baru dimulai dengan videogame, media yang membawa dengan itu suatu teknologi imajiner dari masa depan yang sehari-hari menghilang ke dalam ’keterpisahan cyberian’ dunia virtual. Dari waktu ke waktu, beberapa media digital baru pada saat ini telah menjadi hal yang biasa-biasa saja. Misalnya, perangkat mobile seperti ponsel, GPS / satnav, MP3 player, dan game konsol genggam, menggambar tubuh dan komunikasi di seluruh alam sehari-hari dan teknologi dan temporalities.
1.       Pengertian New Media 
Media merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari narasumber kepada penerima informasi. New media atau media baru adalah sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang dalam mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. New media merupakan perkembangan dari media-media yang telah berkembang sebelumnya. Sebagai contoh pada jama dahulu untuk mengabadikan suatu moment yang sakral biasanya dengan mengukir di batu, tapi pada jaman sekarang untuk mengabadikan sesuatu dapat memfoto atau merekamnya menggunakan hp atau handicam.
2.   Pandangan Terhadap New Media
Pada zaman teknologi seperti sekarang ini sangat mudah untuk mendapatkan informasi. Dengan menggunakan mesin pencari seperti google, yahoo, alta vista, semua orang dapat mencari informasi yang mereka inginkan dengan waktu yang sangat efisien. Media bersifat mobile karena dapat dibawa kemana saja dan dapat diakses dimana saja. New media tidak dapat dipisahkan dengan dunia digital. Karena sebagaian besar new media didominasi oleh produk berteknologi digital.
3.   Aplikasi New Media
Pada saat perkembangan teknologi sedag berkembang dengan sangta cepatnya, pasti banyak sekali produk-produk multimedia yang semakin banyak juga yang akan kita ketahui, baik itu melalui media massa, ataupun media elektronk seperti internet pada saat ini. Seiring dengan berkembang pesatnya media saat ini, saya akan membahas tentang beberapa aplikasi new media yang sudah awam kita gunakan sehari hari sebagai sarana untuk membantu kita dalam berbagai bidang. Contohnya yang sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat adalah Facebook. Siapa yang tak kenal dengan jenis jejaring sosial ini? Dari mulai anak anak sampai orang dewasa bahkan sudah sangat familiar dengan nama ini. Begitu pula berbagai jenis aplikasi new media lain yang juga sudah banyak digunakan masyarakat. Beberapa contohnya akan saya bahas dalam artikel ini:

§  Facebook
Siapa sih yang kenal dengan nama ini? Ya, hapir semua orang sekarang memiliki akun Facebook, mulai dari anak anak sampai orang dewasa berlomba lomba memperluas jaringan sosial mereka dengan menggunakan salah satu jenis new media ini. Facebook adalah sebuah social networking yang baru saja dirintis pada tahun 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard yang bernama Mark Zuckerberg.Fitur fitur yang disediakan oleh Facebook cukup lengkap jika dibandingkan dengan social networking yang lain, fitur yang disediakan antara lain notes, wall, photos, aplikasi itunes, video, causes, dll, juga masih banyak aplikasi games, ataupun sejenisnya yang bisa digunakan melalui Facebook ini.
§  Youtube
      YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, fil, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.
§  Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari informasi yang diinginkan.

§  CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah. New Media sebagai pengganti media surat kabar dalam penyampaian informasi secara cepat, bahkan new media tidak hanya sebagai sarana memberi informasi yang statis tapi new media juga menyuguhkan sarana untuk mencari informasi yang kita inginkan. 

§  Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepada publik. Media social ini mempermudah komunikasi dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun tanpa ada batasan apapun. 

§  BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book), dsb. Media ini sangat berguna bagi para pelajar untuk bisa mendapatkan sumber bahan pelajaran yang banyak dan tidak membutuhkan banyak biaya.

4.   Manfaat New Media
Media bermanfaat untuk memperantarai sesorang untuk mendapatkan informasi dengan mudah. Media baru bisa diartikan perantara untuk mendapatkan informasi akan tetapi perantara ini masih baru.
Berikut ini contoh teknologi yang termasuk media baru:
o  Ponsel/PDA Phone
o  Video Game
o  MP3 Player
o  Laptop
o  Digital Cinema/3D Cinema
o  Plasma TV
o  Internet
o  RSS Feed
o  Streaming Video
o  Dll.

5.   Kekurangan New Media
Berikut disampaikan juga beberapa kekurangan dari New Media yaitu sebagai berikut:
Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar. Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.

KESIMPULAN:
Pengembangan teknologi saat ini sangatlah pesat. Banyak manfaat yang kita dapat dari pengembangan-pengembangan media baru saat ini. Tidak hanya manfaatnya saja, hal negatif pun kerap terjadi pada media-media baru saat ini. Itu kembali pada diri kita masing-masing, bagaimana cara kita menanganinya dengan bijak.

REFERENSI:
http://bungkusanilmu.blogspot.com/2012/11/tugas-peng-tek-internet-dan-new-media-1.html

0 komentar:

Posting Komentar