Kamis, 20 Juni 2013

Cara Meng-Compile Program Java di Command Prompt (CMD)

     Hello, sahabat Blogger semua :D kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tantang tips Meng-Compile program Java dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Hal yang pertama dibutuhkan yaitu adalah Java SE Development Kit atau biasa disebut dengan JDK. Kalian bisa mendownload dan mendapatkannya gratis disini. JDK yang kalian download dan yang digunakan harus sesuai dengan Sistem Operasi (OS) yang kalian miliki.

Sesuaikan dengan OS yang kalian miliki

     Jika JDK nya sudah selesai di download lalu jalakan software tersebut untuk dilakukan penginstallan. Penginstallan JDK tersebut tidak rumit, hanya mengikuti petunjuk dan perintah pada penginstallannya.

     Lalu, lanjut pada tahap penyettingan Path agar program Java dapat di compile. Caranya yaitu:
  1. Buka expolorer, lalu klik kanan pada My Computer --> Properties --> Advanced (Pada OS XP) atau Advanced System Settings (Pada OS XP & 8) --> Environment Variables
  2. Kemudian pilih New pada bagian yang atas dan yang bawah, seperti gambar dibawah ini:
















         
    Lalu, isikan Variable name dengan nama "PATH" (tanpa tanda kutip). Dan isikan Variable value dengan folder java bin yang sudah kalian install (misalkan: C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_21\bin). Berikut contoh gambarannya:

















     
     Lalu, saya akan membuatkan program java sederhana untuk membuktikan berhasil atau tidaknya Compile pada java. Pada program sederhana ini saya buat menggunakan notepad dengan nama class tes_compile dan letaknya di disk D. Pada penyimpanan nama notepad harus sama dengan nama class dan menggunakan .java (misal: class tes_compile dan simpan notepad dengan nama tes_compile.java). Berikut contoh gambarannya:

Listing Program

Output Program

     Dan akhirnya selesai sudah cara Meng-Compile program Java dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Program pun berjalan dengan lancar :D Have Fun and Happy Enjoy guys ^_^

0 komentar:

Posting Komentar