Minggu, 06 Januari 2013

Kawasan Perdagangan Tanah Abang

      Kawasan Perdagangan Tanah Abang yang biasa disebut dengan nama Pasar Tanah Abang ini merupakan salah satu pusat perdagangan di wilayah Jakarta. Pasar Tanah Abang sejak zaman kolonial Belanda sudah terkenal sebagai pusat perdagangan tekstil terbesar se-Asia Tenggara sejak tahun 1735. Pasar ini juga dikenal sebagai pusat grosir dengan harga yang murah meriah. Selain bahan sandang, para pembeli juga membeli keperluan lain, seperti karpet dan barang elektronik.

           Pasar Tanah Abang terbagi menjadi 3 wilayah gedung yang menjadi pusat perdagangan antara lain Tanah Abang Metro, Tanah Abang lama dan Tanah Abang AURI. Tanah Abang lama terbagi atas beberapa blok antara lain blok A, B dan F yang berisikan kios-kios, sedangkan Tanah Abang AURI terbagi atas beberapa blok antara lain blok A, B, C, D, E, F, AA, BB, CC. Seluruh blok di Tanah Abang AURI merupakan kumpulan ruko yang umumnya menjual tekstil, kecuali blok E yang merupakan kumpulan kios-kios yang menjual pakaian dalam bentuk eceran ataupun grosir.


Kegiatan di Pasar Tanah Abang

        Peranan masyarakat sangat antusias terhadap Pasar Tanah Abang, seperti layaknya memberi pelayanan jasa pengiriman barang untuk memudahkan para pembeli disana, ada juga yang menjajahkan berbagai makanan dan minuman di area pasar, tak jarang masyarakat disana juga membuka pelayanan jasa untuk menjaga kendaraan-kendaraan pembeli yang datang alias parkir kendaraan dan masih banyak lagi peranan masyarakat di Pasar Tanah Abang.

    Perkembangan di Kawasan Tanah Abang sampai saat ini bisa dikatakan sangatlah pesat, renovasi-renovasi gedung yang telah dibuat sudahlah sangat baik walaupun pada tahun 2003 lalu Pasar Tanah Abang mengalami kebakaran akan tetapi karena itulah Pasar Tanah Abang dapat dikatakan cukup pesat perkembangannya dan antusias konsumen sangatlah tinggi karena selalu memilih tempat ini sebagai tempat untuk mencari berbagai macam kebutuhan rumah tangga.

0 komentar:

Posting Komentar