Sabtu, 05 Januari 2013

Tips Merawat Laptop


          Hy guys, mas bro, mbak bro, agan – agan semuanye hehehe :D Di artikel ini ane mau ngasih tips nih buat merawat laptop (notebook ataupun netbook) ente semua. Merawat laptop sebenernya enggak sulit kok asal kita bener-bener peduli dan sayang sama laptop kita, pasti laptop kita pun bakalan terawat bahkan makin cinta sama kita hehe uppppssss pacar kali cinta wkwk :D  Tetapi jika disepelekan kita akan menyesal karena laptop bisa saja rusak secara tiba-tiba karena kejadian yang datang secara mendadak tanpa diduga.
          Yaudeh langsung To The Point aje ane ngasih tau tips nya. Yuk kita simak beberapa tips berikut ini, cekidott:
  1. Jangan mencharge laptop secara berlebihan, artinya cabutlah charge dari stop kontak listrik jika baterai telah full dan charge lagi jika baterai telah berkurang hingga 40-50 %. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keawetan baterai dan penghematan energi.
  2. Jangan memasukkan laptop yang habis digunakan langsung ke dalam tas laptop. Hal ini dikarenakan, laptop yang telah digunakan biasanya masih menyimpan panas yang berlebihan. Saat langsung dimasukkan tas, panas ini tertahan cukup lama dan tidak akan mudah berkurang. Akibatnya akan berpengaruh kepada komponen listrik yang ada di dalam laptop.
  3. Jangan menyentuh layar LCD dengan benda-benda keras seperti ballpoint. Hal ini sering terjadi saat kita secara tidak sengaja menunjukkan sesuatu yang ada di layar LCD saat belajar maupun presentasi.
  4. Jangan menaruh laptop di lantai, waspadalah saat ada orang lewat laptop bisa terinjak. Dan, jika laptop sedang tak digunakan atau sedang ditinggal untuk beberapa saat sebaiknya taruh laptop di tempat yg kiranya aman untuk ditaruh.
  5. Ketika kita ingin meninggalkan laptop di tempat umum, seperti meja kuliah maupun di restoran dll. karena ada keperluan atau ditinggakan beberapa saat, sebaiknya titip kepada teman dahulu dan jangan ditinggal begitu saja. Ingat pesan Bang Napi: “kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tetapi kejahatan bisa saja terjadi karena ada kesempatan, waspadalah! waspadalah!” Hehe :D
  6. Jangan menggunakan laptop di dekat makanan maupun minuman karena dikhawatirkan makanan atau minuman kita tumpah dan mengenai laptop kita.
  7. Jangan memasukkan laptop berjejal-jejal (disempil) dengan benda-benda dalam tas, misalnya buku, ballpoint apalagi tang dan palu hehehe :D
  8. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet. Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah didapatkan dari paket laptop yang di beli. Resiko virus bisa merusak ke dalam laptop kita, jika kita sembarangan menggunakan software dari internet. Jika tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah di scan software tersebut dengan antivirus yang dimiliki.
  9. Jangan memberikan Penutup apapapun termasuk sarung laptop pada saat laptop dalam keadaan menyala karena berdasarkan pengalaman Laptop teman saya processor laptopnya akan mati karena sirkulasi udara yang tidak ada di bawah permukaan laptop.
          Nah, itu sedikit tips dari ane gan yang diambil dari pengalaman ane dan pada artikel-artikel yang ane baca. Semoga bermanfaat yaa :D

0 komentar:

Posting Komentar